Gejala Sinusitis Yang Perlu Perhatian Khusus

Gejala Penyakit Sinusitis Yang Perlu Perhatian Khusus – Sering orang tidak atau lalai memperhatikan kesehatannya gara-gara kesibukan. Memang benar, semangat kerja kadang bisa membuat kita lupa terhadap diri kita sendiri, khususnya kesehatan. Tidak disangka-sangka, ternyata di dalam tubuh kita sudah bersarang berbagai pemicu penyakit.

 

Maka dari itu, pengetahuan tentang berbagai gejala atau ciri-ciri awal suatu penyakit sangat penting Anda ketahui. Anda bisa melakukan penanganan dini sebelum penyakit itu menjadi parah. Tentu biaya, usaha dan waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan penanganan dini lebih sedikit dibanding pengobatan.

 

Dalam hal penyakit sinusitis, Anda bisa perhatikan gejala-gejala penyakit sinusitis seperti yang kami tuliskan berikut ini:

  • Terjadi persis seperti gejala flu, tapi dalam waktu yang relatif panjang.
  • Terjadi rasa nyeri-nyeri di daerah muka   
  • Mata mungkin merah, menggembung, atau menyakitkan jika infeksi sinus terjadi sekitar mata
  • Pembengkakan dan terkulai kelopak mata
  • Hilangnya gerakan mata (orbital infeksi mungkin, yang dalam rongga mata)
  • Gejala menyebar ke kedua sisi wajah (mungkin menunjukkan gumpalan darah)
  • Pengembangan sakit kepala parah, penglihatan diubah
  • Terjadinya sedikit perubahan kepribadian (dapat mengindikasikan penyebaran infeksi ke otak)
  • Pembengkakan lembut di atas tulang (mungkin menunjukkan infeksi tulang)

 

Untuk terhindar dari penyakit sinusitis, Anda juga perlu tahu apa saja penyebabnya. Setidaknya ada beberapa penyebab terjadinya sinusitis yang perlu Anda perhatikan.

 

Alergi. Gejala dari kedua sinusitis dan rhinitis alergi meliputi obstruksi hidung dan kemacetan. Kondisi sering terjadi bersama-sama.

 

Migrain dan Sakit Kepala Lainnya. Banyak sakit kepala primer, terutama migrain atau cluster, erat mungkin menyerupai sakit kepala sinus. Migrain dan sakit kepala sinus bahkan dapat hidup berdampingan dalam banyak kasus. Sakit kepala sinus biasanya lebih umum daripada migrain, tetapi seringkali sulit untuk membedakan mereka, terutama jika sakit kepala adalah satu-satunya gejala sinusitis.

 

Neuralgia Trigeminal. Dalam beberapa kasus, sakit kepala yang menetap setelah pengobatan berhasil sinusitis kronis mungkin karena neuralgia (nyeri saraf yang berhubungan) di wajah.

 

Demikianlah artikel tentang gejala penyakit sinusitis yang perlu perhatian khusus. Semoga artikel ini bermanfaat untuk khalayak umum serta bisa membantu untuk terhindar dan sembuh dari sinusitis secara alami.